APLIKASI MULTINOMIAL LOGISTIC REGRESSION DALAM ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN PEMILIHAN PROVIDER SELULER GSM DI KOTA JEMBER
Abstract
Pada penelitian ini berjudul “Aplikasi Multinomial Logistic Regression
Dalam Analisis Pengaruh Keputusan Pemilihan Provider Seluler GSM di Kota
Jember”. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam melakukan pemilihan provider seluler GSM.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner pada
responden, yaitu masyarakat Jember yang menggunakan provider GSM
Telkomsel, Indosat, Excelcomindo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel adalah 180 orang.
Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji regresi logistik
multinomial.
Berdasarkan analisis data regresi multinimial logistik yang diajukan yaitu
meliputi uji parsial, uji serentak dan kesesuaian model pada penelitian ini adalah:
Berdasarkan uji parsial dengan referensi kategori provider Telkomsel, variabel –
variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pemilihan provider
GSM baik provider Indosat maupun Excelcomindo terdapat perbedaan artinya
variabel yang berpengaruh signifikan di provider Indosat juga tidak berpengaruh
signifikan di provider Excelcomindo yang ditunjukan pada logit 1 variabel
variabel umur, kualitas layanan, merek, kekuatan sinyal, bonus yang ditawarkan,
referensi relasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan provider
Indosat dibandingkan terhadap keputusan pemilihan provider Telkomsel dan pada
logit 2 variabel sinyal, bonus, referensi relasi, motivasi, persepsi signifikan
terhadap keputusan pemilihan Excelcomindo dibandingkan terhadap keputusan
pemilihan provider Telkomsel. Uji serentak menunjukan bahwa secara bersamasama
variabel
umur,
jenis kelamin, pekerjaan, fitur layanan, kualitas layanan,
merek, masa aktif kartu seluler, kekuatan sinyal, tarif telepon, tarif sms, promosi
di berbagai media, bonus yang ditawarkan, referensi keluarga, referensi relasi,
persepsi, lingkungan sosial berpengaruh terhadap pemilihan provider GSM yang
meliputi provider Telkomsel, Indosat, Excelcomindo. Uji kesesuaian model
menunjukan bahwa pada referensi kategori provider Telkomsel pada model logit 1
maupun logit 2 yang diketahui dengan nilai signifikansi deviance menyatakan
model memenuhi persyaratan kesesuaian suatu model, sehingga analisis model
logit bisa diterima dari uji kesesuaian model dikarenakan menurunya nilai -2 log
likehood.