KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS YOSOMULYO KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu hak dasar rakyat dan merupakan hal yang
sangat penting dalam sebuah negara. Sebagai negara berkembang, Indonesia wajib
melakukan pembangunan di segala bidang. Salah satunya adalah kesehatan,
pembangunan kesehatan dikatakan penting karena sebagai modal untuk melakukan
pembangunan di bidang lain. Atas dasar itulah pemerintah wajib memberikan
pelayanan dibidang kesehatan. Bentuk nyata kewajiban pemerintah dalam
memberikan pelayanan kesehatan salah satunya dengan mendirikan Pusat Kesehatan
Masyarakat (puskesmas). Puskesmas memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan
kesehatan kepada masyarakat, dan termasuk salah satu daftar prioritas pelayanan
publik sesuai dengan SK MENPAN No. 63/kep/M.PAN/7/2003. Oleh karena itu
pelayanan di bidang kesehatan harus di evaluasi dan ditingkatkan.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe
deskriptif dan jenis penelitian survai. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan jumlah populasi 468 orang dan diperoleh sampel 82 orang. Teknik
analisis data menggunakan model penghitungan servqual oleh Zeitahml, et all.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa total skor harapan 8897 sedangkan total
skor persepsi 4669. Dari kedua total skor ini dapat disimpulkan total skor servqual
adalah sebesar -4498. Skor ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan poli umum
tidak memuaskan. Analisis selanjutnya mengenai dimensi yang mendapatkan skor
terendah adalah dimensi bukti langsung (tangible). Untuk itu saran peneliti kepada
puskesmas hendaknya memperhatikan faktor fisik seperti kualitas gedung, fasilitas
penunjang, dll.