• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS YOSOMULYO KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Adven Metrys Mahardika - 070910201116_1.pdf (299.6Kb)
    Date
    2014-03-24
    Author
    Adven Metrys Mahardika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan merupakan salah satu hak dasar rakyat dan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah negara. Sebagai negara berkembang, Indonesia wajib melakukan pembangunan di segala bidang. Salah satunya adalah kesehatan, pembangunan kesehatan dikatakan penting karena sebagai modal untuk melakukan pembangunan di bidang lain. Atas dasar itulah pemerintah wajib memberikan pelayanan dibidang kesehatan. Bentuk nyata kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan salah satunya dengan mendirikan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas). Puskesmas memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan termasuk salah satu daftar prioritas pelayanan publik sesuai dengan SK MENPAN No. 63/kep/M.PAN/7/2003. Oleh karena itu pelayanan di bidang kesehatan harus di evaluasi dan ditingkatkan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif dan jenis penelitian survai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah populasi 468 orang dan diperoleh sampel 82 orang. Teknik analisis data menggunakan model penghitungan servqual oleh Zeitahml, et all. Hasil analisis data menunjukkan bahwa total skor harapan 8897 sedangkan total skor persepsi 4669. Dari kedua total skor ini dapat disimpulkan total skor servqual adalah sebesar -4498. Skor ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan poli umum tidak memuaskan. Analisis selanjutnya mengenai dimensi yang mendapatkan skor terendah adalah dimensi bukti langsung (tangible). Untuk itu saran peneliti kepada puskesmas hendaknya memperhatikan faktor fisik seperti kualitas gedung, fasilitas penunjang, dll.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56194
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository