IMPLEMENTASI PEMASARAN BLINK NET JEMBER (IMPLEMENTATION OF MARKETING BLINK INTERNET JEMBER)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pemasaran
Blink Net Jember. Penelitian ini dilakukan di Blink Net Jember. Tipe yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskristif dengan paradigma
kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data
Primer dan Sekunder, pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan
dokumentasi, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi
kepustakaan. Penentuan informan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik
snowball. Diawali dengan menemukan seseorang atau beberapa informan
meminta lebih lanjut lagi dan siapa nantinya responden lain yang terkait dengan
topik permasalahan yang akan diangkat oleh peneliti, sehingga jumlah informan
bisa berkembang sesuai dengan kelengkapan data yang dibutuhkan. Data yang
sudah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis domain dan
taksonomi untuk kemudian dilakukan interpretasi. Tahap pemeriksaan keabsahan
data pada penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan melalui diskusi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Implementasi pemasaran di
Blink net berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
pelanggan di Blink net mulai tahun 2010 sampai tahun 2012
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Blink net sudah melakukan
pemasaran 7P yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses,
bukti fisik dan tidak menetapkan segmentasi yang terdiri dari geografik,
demografik, psikografik dan tingkah laku yang jelas dikarenakan lokasi warnet itu
sendiri sangat strategis dan tidak perlu melakukan segmentasi pasar.