• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PRODUK RAPORT ELEKTRONIK (E-RAPORT) AUTOMATIC LEGER & MANUSCRIPT SOFTWARE (ALMAS) DALAM PROSES PENILAIAN BELAJAR SISWA (Studi kasus pada SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

    Thumbnail
    View/Open
    Imas Khasanah - 100910202006_1.pdf (116.4Kb)
    Date
    2014-03-24
    Author
    Imas Khasanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi global kian menunjukkan pertumbuhan yang demikian pesat. Hal ini menuntut Indonesia untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi global agar tidak lebih jauh tertinggal dengan negara-negara maju yang telah menggunakan high-tech. Salah satu pengembangan teknologi yang telah dilakukan dibidang pendidikan yaitu produk eRaport ALMaS (Automatic Leger and Manuscript Software). Produk eRaport ini memerlukan pengembangan yang terus-menerus agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan penggunanya, sehingga kepuasan pengguna dapat tercapai. Pengembangan dapat dilakukan pada aspek Desain Komunikasi Visual (DKV), pengelolaan huruf atau tipografi, dan fitur produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk eRaport ALMaS dalam proses penilaian belajar siswa yang terdiri dari Desain Komunikasi Visual (DKV), pengelolaan huruf atau tipografi, dan fitur produk. Analytic Hierarchy Process (AHP) berfungsi untuk mengetahui tingkat kepentingan dari tiga aspek tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pengguna. Metode AHP akan meranking tingkat kebutuhan dari ketiga aspek diatas. Penelitian dilakukan di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo, lembaga ini telah menggunakan aplikasi eRaport ALMaS selama 2 tahun. Penggunaan eRaport selama 2 tahun ini merupakan waktu yang cukup memadai untuk mengukur nilai kebermanfaatan eRaport oleh pengguna di SMA Nurul Jadid. Berdasarkan analisis diperoleh hasil Consistency Ratio (CR) 0,025. Hasil CR kurang dari 0,10 maka hasil tersebut dikatakan konsisten, artinya skala prioritas dapat diimplementasikan sebagai kebijakan untuk mencapai sasaran yaitu pengembangan produk dalam proses penilaian belajar siswa. Berdasarkan perhitungan fitur produk merupakan prioritas utama yang perlu dikembangkan dengan skala 0,588. Pada prioritas kedua yaitu DKV dengan skala 0,285, dan pada prioritas ketiga yaitu Tipografi dengan skala 0,126.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56186
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository