STRATEGI PENGEMBANGAN PAKET WISATA PADA PT. NUANSA WISATA PRIMA NUSANTARA JEMBER
Abstract
PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara merupakan salah satu biro perjalanan yang
terdapat di kota Jember. PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara menghasilkan banyak
produk jasa , salah satunya adalah paket wisata. Biro Perjalanan umumnya memiliki
jenis paket wisata yang relatif sama, oleh karena itu PT. Nuansa Wisata Prima
Nusantara terus menerus melakukan pengembangan paket wisata untuk
mempertahankan eksistensi dan memuaskan konsumennya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi
pengembangan paket wisata pada PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan
paradigma kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian yang dilakukan oleh
peneliti dengan menggunakan metode snowball. Tahap pengumpulan data primer
dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan pengumpulan data sekunder
dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis domain dan
taksonomi. Tahap penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan metode
induktif.
Hasil dari penelitian ini yaitu Strategi jangka panjang dan strategi jangka
pendek. Strategi jangka panjang yaitu membuat program pendekatan emosional dan
program kerjasama dengan pengusaha jasa lain. Strategi jangka pendek yaitu dengan
menyampaikan informasi-informasi terkait dengan produk-produk yang ditawarkan
kepada masyarakat, membina hubungan yang baik dengan pelanggan dan konsumen.
Koordinasi dengan instansi-instansi terkait demi menjaga kelestarian objek wisata.