• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SHAMPO DI KOTA SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    Isnin Hanifiyah.pdf (349.4Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    ISNIN HANIFIYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitin ini berjudul “Analisis Segmentasi Pasar Produk Shampo di Kota Situbondo”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui segmen pasar shampo berdasarkan atribut produk di kota Situbondo dan untuk mengetahui merek produk shampo yang ada pada masing- masing segmen di kota Situbondo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primen dalam penelitian ini adalah berupa jawaban kuesioner responden dari pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh peneliti. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak lain yang membantu dan bukan dilakukan sendiri oleh pengumpulnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk shampo di kota Situbondo yang menggunakan salah satu merek produk shampo Clear, Sunsilk, Pantene, Rejoice, Emeron, dan Lifebuoy. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Metode analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis klaster dengan dua metode yaitu K-Mean Cluster dan Hierarki Cluster. Berdasarkan hasil analisi Klaster dengan metode K-Mean Cluster, diperoleh hasil bahwa segmen pasar pasar produk shampo di kota Situbondo yang terbentuk adalah 3 klaster yaitu: Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut harga, kemasan, merek, dan bersih, sehingga klaster 1 dapat diberi nama ”Klaster Produk” dengan jumlah responden sebanyak 31 orang (34.44%). Klaster 2 adalah responden yang mementingkan atribut busa, warna, dan kental sehingga klaster 2 dapat diberi nama ”Klaster Keunggulan” dengan responden sebanyak 30 orang (33.33%). Klaster 3 adalah responden yang mementingkan atribut aroma dan lembut sehingga klaster 3 dapat diberi nama ”Klaster Kelembutan” dengan jumlah responden sebanyak 29 orang (32.22%). Sedangkan analisis klaster yang menggunakan metode Hierarki Cluster di peroleh hasil yaitu terdapat tiga kelompo shampo berdasarkan merek yaitu: kelompok 1 meliputi shampo dengan merek Clear, Lifebuoy, Rejoice, dan Sunsilk. Kelompok 2 meliputi shampo dengan merek Pantene. Kelompok 3 meliputi shampo dengn merek Emeron.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5613
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository