ANALISIS PENGARUH FAKTOR PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DEWAN KOMISARIS, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indosesia )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor profitabilitas, ukuran perusahaan, dewan komisaris, dan leverage terhadap tingkat pengungkapan CSR. Faktor profitabilitas, ukuran perusahaan, dewan komisaris, dan leverage sebagai variabel independen diproksikan masing-masing dengan NPM, total aset, jumlah dewan komisaris perusahaan, dan DER sementara tingkat pengungkapan CSR yang menjadi variabel dependen diproksikan dengan indeks GRI 2007. Sampel penelitian ini adalah laporan tahunan dari perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2010-2012. Dari 35 perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI, terdapat 15 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel dengan 45 data observasi. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, di mana dari pengujian tersebut didapatkan hasil bahwa profitabilitas, dewan komisaris, dan leverage tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan CSR sementara ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan CSR.