ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK EDAMAME BERBASIS BAURAN PEMASARAN (Studi Pada PT Mitratani Dua Tujuh Jember)
Abstract
Edamame merupakan produk unggulan Jember dimana Jember merupakan
satu-satunya produsen edamame di Indonesia. PT Mitratani Dua Tujuh Jember
sebagai perusahaan pemula yang memasarkan produknya di wilayah domestik
harus jeli dalam melihat peluang pemasaran, sehingga perlu melakukan bauran
pemasaran agar mendapat tempat dihati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan kemampuan variabel bauran pemasaran sebagai prediktor keputusan
pembelian ulang produk edamame pada PT Mitratani Dua Tujuh Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih responden yang telah melakukan
pembelian produk edamame di outlet edamame PT Mitratani Dua Tujuh Jember.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer
tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner pada 80
responden penelitian yang ditentukan dengan menggunakan tekhnik purposive
sampling artinya tekhnik pengambilan sampel secara sengaja oleh peneliti yang
didasarkan atas kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
regresi logistik untuk memprediksi variabel bauran pemasaran terhadap keputusan
pembelian ulang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang
meliputi produk, harga, tempat, orang, layanan dan fasilitas fisik tidak
berpengaruh signifikan atau tidak dapat dijadikan prediktor keputusan pembelian
ulang.