• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN (Studi di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    AGUNG PERMADHI_1.pdf (196.3Kb)
    Date
    2014-03-20
    Author
    Agung Permadhi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat budaya keselamatan pasien dalam pelayanan keperawatan di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember tahun 2013 termasuk dalam kategori baik (54,0%). Namun, dari indikator budaya pelaporan dan respon tidak menghukum terhadap kesalahan menunjukkan hasil yang cukup. Sementara itu, tingkat insiden keselamatan pasien di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember tahun 2013 termasuk dalam kategori sering (71,1%) yang artinya sebagian besar responden menilai bahwa frekuensi kejadian insiden keselamatan pasien dapat terjadi beberapa kali dalam waktu satu tahun. Hasil analisis menunjukkan nilai p-value yaitu 0,037 lebih kecil dari nilai α yaitu 0,05 sehingga Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara budaya keselamatan pasien dalam pelayanan keperawatan dengan insiden keselamatan pasien di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat budaya keselamatan pasien masuk dalam kategori baik. Namun, dari indikator budaya pelaporan dan respon tidak menghukum terhadap kesalahan menunjukkan hasil yang cukup. Tingkat insiden keselamatan pasien termasuk dalam kategori sering. Ada hubungan antara budaya keselamatan pasien dalam pelayanan keperawatan dengan insiden keselamatan. Dari hasil penelitian ini diharapkan adanya peningkatan budaya pelaporan dan respon tidak menghukum terhadap kesalahan misalnya dengan melakukan evaluasi pada sitem pelaporan agar bisa diketahui penyebabnya. Selain itu, perlu adanya tindak lanjut bagaimana caranya untuk menurunkan angka kejadian insiden misalnya dengan mencari akar permasalahan agar dapat ditemukan atau didesain sistem yang baru sehingga tidak terjadi insiden serupa serta adanya umpan balik kepada unit pelapor agar mereka mengetahui sebab terjadinya insiden.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56073
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2335]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository