PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PADA HOTEL IJEN VIEW& RESORT BONDOWOSO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Public Relations yang
dilakukan Hotel Ijen View & Resort Bondowoso. Penelitian ini di lakukan di
Hotel Ijen View & Resort Bondowoso dengan melakukan pendekatan kualitatif.
Tahap pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara
indepth interview atau wawancara mendalam untuk mengetahui, memperluas, dan
memperdalam deskripsi penelitian.
Tugas dari public relations adalah Building Corporate Identity dan Facing
Crisis. Peran Public Relations dalam Building Corporate Identity adalah
berkomunikasi dengan publik internal dan eksternal hotel. Peran public relations
Hotel Ijen View & Resort Bondowoso dengan publik internal adalah menjalin
komunikasi yang baik dengan seluruh komponen organisasi hotel seperti misal
antara karyawan dengan manajer hotel, karyawan dengan pemilik hotel, dan
karyawan dengan karyawan yang lain. Peran public relations Hotel Ijen View &
Resort Bondowoso berkomunikasi dengan publik eksternal adalah agar public
relations dapat memperkenalkan dan mempublikasikan tempat dan produk dari
Hotel Ijen View & Resort kepada masyarakat. Seperti menjalin hubungan baik
dengan tamu hotel, menjalin hubungan baik dengan instansi pemerintah, menjalin
hubungan baik dengan lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.
Peran public relations Hotel Ijen View & Resort Bondowoso adalah agar
Hotel Ijen View & Resort Bondowoso dapat mempertahankan citra perusahaan
demi menjaga kelangsungan hidup organisasi perusahaan.