PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA EF (ENGLISH FIRST) JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Experiential
Marketing terhadap kepercayaan pelanggan, Experiential Marketing terhadap
loyalitas pelanggan, dan kepercayaan terhadap loyalitas pasien pelanggan pada EF
(English First) Jember. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang
mencerminkan persepsi dan harapan pelanggan EF Jember terhadap Experiential
Marketing yang diterapkan serta kepercayaan dan loyalitas yang diterima dari EF
(English First). Experiential Marketing yang diteliti meliputi Sens/gaya (styles),
Feel (Perasaan), Think (Pemikiran), Act (Perilaku) dan Relate (Budaya). Populasi
dalam penelitian ini adalah pelanggan atau siswa EF Jember. Metode sampling
yang digunakan adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah
120 responden.
Metode analisis yang digunakan adalah Struktural Equation Modeling
(SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa Experiential Marketing berpengaruh
positif signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, Experiential Marketing
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepercayaan
berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan uji
kausalitas diketahui bahwa Experiential Marketing berpengaruh positif signifikan
terhadap kepercayaan pelanggan diterima, Experiential Marketing berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan diterima, dan kepercayaan
pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan diterima.