• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V POKOK BAHASAN TUMBUHAN HIJAU DI SD NEGERI MUMBULSARI 1 KABUPATEN JEMBER TAHUN 2013-2014

    Thumbnail
    View/Open
    Vindy Setiawan Budiarso_2_1.pdf (237.3Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Vindy Setiawan Budiarso
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember dengan subjek berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan yang dilakukan dengan observasi dan kegiatan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan penerapan metode eksperimen pada pokok bahasan tumbuhan hijau mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II pada kriteria sangat aktif memiliki peningkatan 8,4%, kriteria aktif diperoleh peningkatan 4,2%, kriteria cukup aktif mengalami peningkatan sebesar 20,8%, sedangkan kriteria kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7%, sama halnya dengan kriteria sangat kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7% ke angka 0%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,56 dan pada siklus II sebesar 74,7 sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,14. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri Mumbulsari 1 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah dengan metode eksperimen, guru dapat menunjang peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, karena siswa sangat antusias dalam pelaksanaan eksperimen dan mendapatkan pengalaman langsung ketika belajar di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56032
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository