PENGARUH METODE OUTBOUND TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD CAHAYA NURANI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan jumlah responden 20 peserta didik dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical
Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik korelasi Tata Jenjang (Rank Difference Correlation).
Berdasarkan hasil penelitian data hasil analisis data kuantitatif di atas diperoleh nilai sebesar 0,971 maka apabila uji signifikan dengan harga kritik Rho Spearman dengan N=20 dan interval kepercayaan adalah 5% sebesar 0,450 maka Rhohitung > Rhotabel. Adapun tingkat keberpengaruhan metode outbound terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember tahun pelajaran 2013/2014 ditunjukkan dengan hasil perhitungan regresi sederhana Y = - 0,848+ 0,735 X artinya semakin baik kualitas metode outbound maka akan berpengaruh positif terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak di kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember. Demikian juga sebaliknya, semakin tidak baik kualitas metode outbound maka akan berpengaruh pada perkembangan kecerdasan kinestetik anak di kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember.
Sehingga dapat disimpulkan Ha yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode outbound terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014, diterima. Sedangkan Ho yaitu tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode outbound terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014, ditolak. Saran yang dapat diberikan penulis kepada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember adalah metode outbound hendaknya diterapkan secara optimal sesuai dengan kaidah-kaidah yang mendasari serta teknik-teknik dasarnya, karena hal tersebut memiliki pengaruh besar terhadap tinggkat keberhasilan dalam proses pembelajaran pembelajaran. Metode outbound adalah kegiatan yang terfokus pada pengembangan diri seseorang tetapi pada akhirnya outbound dapat juga dilakukan untuk menyampaikan materi-materi yang terdapat pada kurikulum pembelajaran.