• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE OUTBOUND TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD CAHAYA NURANI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Umi Faizah_1.pdf (223.3Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Umi Faizah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan jumlah responden 20 peserta didik dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik korelasi Tata Jenjang (Rank Difference Correlation). Berdasarkan hasil penelitian data hasil analisis data kuantitatif di atas diperoleh nilai sebesar 0,971 maka apabila uji signifikan dengan harga kritik Rho Spearman dengan N=20 dan interval kepercayaan adalah 5% sebesar 0,450 maka Rhohitung > Rhotabel. Adapun tingkat keberpengaruhan metode outbound terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember tahun pelajaran 2013/2014 ditunjukkan dengan hasil perhitungan regresi sederhana Y = - 0,848+ 0,735 X artinya semakin baik kualitas metode outbound maka akan berpengaruh positif terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak di kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember. Demikian juga sebaliknya, semakin tidak baik kualitas metode outbound maka akan berpengaruh pada perkembangan kecerdasan kinestetik anak di kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember. Sehingga dapat disimpulkan Ha yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode outbound terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014, diterima. Sedangkan Ho yaitu tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode outbound terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014, ditolak. Saran yang dapat diberikan penulis kepada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember adalah metode outbound hendaknya diterapkan secara optimal sesuai dengan kaidah-kaidah yang mendasari serta teknik-teknik dasarnya, karena hal tersebut memiliki pengaruh besar terhadap tinggkat keberhasilan dalam proses pembelajaran pembelajaran. Metode outbound adalah kegiatan yang terfokus pada pengembangan diri seseorang tetapi pada akhirnya outbound dapat juga dilakukan untuk menyampaikan materi-materi yang terdapat pada kurikulum pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56030
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository