• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN BUKU TEKS MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    SADDAM HUSEIN_1.pdf (113.9Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    SADDAM HUSEN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kriteria pemilihan buku teks yang dilakukan oleh guru di SMA N 2 Probolinggo merupakan pemilihan buku yang materinya harus sesuai dengan SK dan KD dalam kurikulum, sehingga buku teks yang digunakan relevan dengan kurikulum yang berlaku. Buku teks yang digunakan oleh guru SMA Negeri 2 Probolinggo untuk pembelajaran sejarah menggunakan buku teks tulisan I Wayan Badrika (2007) yang diterbitkan oleh Erlangga. Adapun beberapa kriteria pemilihan buku teks yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sejarah antara lain: (1) kesesuaian kompetensi; (2) penyajian materi; (3) bahasa, keterbacaan dan grafika; (4) latihan dan soal; (5) aksesbilitaas terhadap buku teks. Pemanfaatan buku teks sebagai referensi dalam pembelajaran menjadikan posisi buku teks sangat penting dalam pembelajaran. Pemanfaatan buku teks dalam pembelajaran sejarah di SMA N 2 probolinggo, semua siswa telah memiliki buku teks sebagai pegangan. Hal ini terlihat dari adanya antusiasme dan kemampuan siswa dalam membeli buku teks terbitan Erlangga karangan I Wayan Badrika. Dengan adanya ketersedian buku tersebut guru bisa memanfaatkan buku teks terbitan Erlangga tersebut dengan efektif dan efesien. Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Probolinggo, dalam pemanfaatan Buku teks sangat memberikan pengaruh terhadap perkembangan siswa di sekolah diantaranya; siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sejarah, mempermudah guru dalam proses evaluasi hasil belajar siswa, memperkaya / memperdalam materi tentang suatu peristiwa sejarah dalam buku teks mata pelajaran sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku teks memiliki peran sebagai sumber dan media pembelajaran, sehingga guru menganggap buku teks sebagai sumber yang utama dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56029
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository