ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS SMAN AMBULU TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesukaran dan
daya beda butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS
SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil analisis yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa tingkat kesukaran dan daya
beda pada butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah klas XII IPS SMAN
Ambulu Tahun Ajaan 2012/2013 kurang memenuhi kriteria soal yang baik.
Tingkat kesukaran butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas
XII IPS SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013 secara keseluruhan masih kurang
dengan sesuai dengan teori evaluasi yaitu dengan persentase 27% kategori mudah,
46 % kategori sedang, dan 27% kategori sukar. Hasil analisis yang diperoleh untuk
butir soal tipe soal A adalah 36% untuk kategori mudah, 42% sedang, dan 22% sukar.
Sedangkan hasil analisis yang diperoleh untuk butir soal tipe B adalah 34% untuk
kategori mudah, 46% sedang, dan 20% sukar. Berdasarkan hasil analisis tersebut
dapat dilihat bahwa butir soal tipe A untuk kategori mudah lebih banyak 2%
dibandingkan dengan butir soal tipe B, kategori sedang butir soal tipe B sudah
memenuhi teori evaluasi yaitu 46%, sedangkan tipe A hanya 42%, dan kategori sukar
terlihat bahwa butir soal tipe A lebih mendekati teori evaluasi dari 27% menjadi 22%,
akan tetapi angka tersebut masih belum memenuhi kriteria dari teori evaluasi.
Butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN
Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013 ditinjau dari daya beda adalah termasuk soal
dengan kategori sedang atau cukup. Butir soal tipe A memiliki daya beda sebesar
0,210 dan untuk butir soal tipe B sebesar 0,208, kedua tipe soal tersebut masuk dalam
kategori sedang atau cukup, karena memiliki daya beda antara 0,20<DB≤0,39. Soal
yang baik adalah soal yang memiliki daya beda antara 0,40<DB≤1,00, dengan
demikian butir soal tipe A dan B masih kurang memenuhi kriteria tersebut, dengan
kata lain butir soal tersebut kurang memiliki kemampuan untuk membedakan siwa
yang benar-benar menguasai materi dan siswa yang kuran menguasai materi.
Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan upaya perbaikan oleh
penyusun butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN
Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013 agar untuk pembuatan soal berikutnya bisa
menghasilkan butir-butir soal yang sesuai dengan kriteria teori evaluasi.