• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS SMAN AMBULU TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Rini Nur Indasari_1.pdf (110.8Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Rini Nur Indasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesukaran dan daya beda butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa tingkat kesukaran dan daya beda pada butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah klas XII IPS SMAN Ambulu Tahun Ajaan 2012/2013 kurang memenuhi kriteria soal yang baik. Tingkat kesukaran butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013 secara keseluruhan masih kurang dengan sesuai dengan teori evaluasi yaitu dengan persentase 27% kategori mudah, 46 % kategori sedang, dan 27% kategori sukar. Hasil analisis yang diperoleh untuk butir soal tipe soal A adalah 36% untuk kategori mudah, 42% sedang, dan 22% sukar. Sedangkan hasil analisis yang diperoleh untuk butir soal tipe B adalah 34% untuk kategori mudah, 46% sedang, dan 20% sukar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa butir soal tipe A untuk kategori mudah lebih banyak 2% dibandingkan dengan butir soal tipe B, kategori sedang butir soal tipe B sudah memenuhi teori evaluasi yaitu 46%, sedangkan tipe A hanya 42%, dan kategori sukar terlihat bahwa butir soal tipe A lebih mendekati teori evaluasi dari 27% menjadi 22%, akan tetapi angka tersebut masih belum memenuhi kriteria dari teori evaluasi. Butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013 ditinjau dari daya beda adalah termasuk soal dengan kategori sedang atau cukup. Butir soal tipe A memiliki daya beda sebesar 0,210 dan untuk butir soal tipe B sebesar 0,208, kedua tipe soal tersebut masuk dalam kategori sedang atau cukup, karena memiliki daya beda antara 0,20<DB≤0,39. Soal yang baik adalah soal yang memiliki daya beda antara 0,40<DB≤1,00, dengan demikian butir soal tipe A dan B masih kurang memenuhi kriteria tersebut, dengan kata lain butir soal tersebut kurang memiliki kemampuan untuk membedakan siwa yang benar-benar menguasai materi dan siswa yang kuran menguasai materi. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan upaya perbaikan oleh penyusun butir soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2012/2013 agar untuk pembuatan soal berikutnya bisa menghasilkan butir-butir soal yang sesuai dengan kriteria teori evaluasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56028
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository