• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DISERTAI MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DARSONO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Lutfiyah Evy Dianasari_1.pdf (93.80Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Lutfiyah Evy Dianasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar IPA fisika setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media TTS pada siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember pada kelas VII yang berjumlah 19 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan dan berlangsung dari bulan April 2012 sampai bulan Mei 2012 pada semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari guru mata pelajaran IPA fisika dan siswa kelas VII. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Hopkins yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui empat teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini meliputi aktivitas siswa dan guru serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 42,1% dengan kategori aktivitas cukup aktif menjadi 68,8% pada siklus 1 dan 75,9% pada siklus 2 dengan kategori aktif. Selain itu, persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 63,16% menjadi 78,95% pada siklus 1 dan 89,47% pada siklus 2. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions disertai media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar IPA fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember Tahun Ajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56025
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository