Show simple item record

dc.contributor.authorKiki Nurhadiyanti
dc.date.accessioned2014-03-19T03:28:34Z
dc.date.available2014-03-19T03:28:34Z
dc.date.issued2014-03-19
dc.identifier.nimNIM090210101043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56024
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Berdasarkan hasil penelitian, proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume tabung dan kerucut beracuan pada model 4-D Thiagarajan, Semmel and Semmel. Tahap pertama adalah tahap pendefinisian (define) yaitu menetapkan dan mendefinisikan syaratsyarat pembelajaran yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Tahap kedua adalah tahap perencanaan (design) yang bertujuan untuk menghasilkan draft I perangkat pembelajaran. Tahap ketiga adalah tahap pengembangan (develop) yang menghasilkan draft II perangkat pembelajaran yang telah direvisi berdasarkan saran dari para ahli dan data yang diperoleh dari uji coba di SMPN 2 Wuluhan. Tahap terakhir adalah penyebaran (disseminate) dengan menyerahkan perangkat pembelajaran ke perpustakaan Universitas Jember dan Laboratorium Matemtika FKIP, serta mempublikasikan artikel penelitian. Penelitian pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berbasis model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume Tabung dan Kerucut yang meliputi RPP 1, RPP 2, LKS 1, LKS 2, dan tes hasil belajar. Masing-masing perangkat diujicobakan satu kali pada kelas IX A dan IX B SMPN 2 Wuluhan tanggal 26 November sampai 04 Desember 2013. Kevalidan perangkat pembelajaran tersebut diperoleh dari uji validasi dan penilaian oleh ahli. Produk perangkat pembelajaran tersebut memiliki kategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IX A dan IX B SMP Negeri 2 Wuluhan menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Persentase aktivitas siswa masing-masing kelas >80%. Hasil analisis angket respon siswa pada masing-masing kelas diperoleh >80%. Dari analisis tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% pada masing-masing kelas mencapai KKM (>60). Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) telah memenuhi kriteria keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101043;
dc.subjectMatematika, Cooperative Learning, Team Assisted Individualization (TAI)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME TABUNG DAN KERUCUT UNTUK SMP KELAS IXen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record