• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEKNIK MIND MAPPING POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Jannatul Khoiriyah_1.pdf (366.5Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Jannatul Khoiriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan RPP dan LKS menggunakan model pembelajaran CORE dengan teknik mind mapping pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-E SMP Negeri 1 Sumberjambe dan siswa kelas IX SMP Negeri Gunungmalang, uji coba RPP dan LKS dilaksanakan dari tanggal 19 November 2013 hingga tanggal 30 November 2013. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D (four D Model) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Dalam penelitian ini semua tahap dilaksanakan hingga menghasilkan sebuah produk yaitu perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran CORE dengan teknik mind mapping pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran tersebut, diperoleh tingkat kevalidan RPP dan LKS sebesar 0,98 dan 0,91. Setelah perangkat pembelajaran divalidasi, perangkat tersebut diujicobakan pada subjek uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, dan hasil tes hasil belajar siswa. Analisis hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS dapat dikatakan praktis dengan rata-rata 89,23%, dan telah memenuhi kriteria keefektifan ditinjau dari aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil tes hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56022
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository