PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEKNIK MIND MAPPING POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan RPP
dan LKS menggunakan model pembelajaran CORE dengan teknik mind mapping
pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP. Subjek uji coba
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-E SMP Negeri 1 Sumberjambe dan siswa
kelas IX SMP Negeri Gunungmalang, uji coba RPP dan LKS dilaksanakan dari
tanggal 19 November 2013 hingga tanggal 30 November 2013. Model pengembangan
perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D (four D Model) yang
terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate).
Dalam penelitian ini semua tahap dilaksanakan hingga menghasilkan sebuah produk
yaitu perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran CORE dengan teknik
mind mapping pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung.
Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran tersebut, diperoleh tingkat
kevalidan RPP dan LKS sebesar 0,98 dan 0,91. Setelah perangkat pembelajaran
divalidasi, perangkat tersebut diujicobakan pada subjek uji coba. Dari hasil uji coba
diperoleh data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon
siswa terhadap pembelajaran, dan hasil tes hasil belajar siswa. Analisis hasil uji coba
menunjukkan bahwa RPP dan LKS dapat dikatakan praktis dengan rata-rata 89,23%,
dan telah memenuhi kriteria keefektifan ditinjau dari aktivitas siswa, respon siswa,
dan hasil tes hasil belajar.