• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Budi Haryono_1.pdf (95.36Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Budi Haryono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2. Analisis data pada siklus 1 menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan kategori baik. Untuk siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Analisis yang kedua yaitu analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang terdiri dari kognif produk, proses, dan psikomotor didapatkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan yaitu pada siklus I meningkat dengan Normalized Gain 0.37 dan termasuk dalam kategori sedang. Untuk siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan Normalized Gain 0,55 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada masing-masing siklus secara keseluruhan mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model Problem Based Instruction dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56013
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository