FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN INTERNET FINANCIAL REPORTING (IFR) PADA PERBANKAN SYARIAH
Abstract
Pertumbuhan Internet yang sangat cepat membuat perusahaan membuat cara
baru dalam berkomunikasi dengan investor. Internet akhirnya digunakan perusahaan
dalam melaporkan informasi keuangan yang disebut Internet Financial Reporting
(IFR). Dengan menggunakan Internet perusahaan dapat mereduksi biaya-biaya agensi
seperti kertas, biaya cetak, serta mengirim laporan keuangan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Ukuran
perusahaan, Profitabilitas, Liquiditas, dan Leverage mempengaruhi pengungkapan
Internet Financial Reporting (IFR). Objek dalam penelitian ini adalah seluruh bank
syariah yang terdaftar di direktori Bank Indonesia. Yang berjumlah 11 bank. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu teknik pemilihan
sampel yang memiliki tujuan atau target tertentu dalam memilih sampel secara tidak
acak. Kriteria sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah Bank umum syariah
yang melakukan Internet Financial reporting pada tahun 2008 s/d 2011.
Terdapat beberapa hasil dari penelitian ini yaitu Ukuran perusahaan dan
Liquiditas tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan Internet Financial
Reporting. Lalu Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap pengungkapan Internet
Financial Reporting dan Leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan
Internet Financial Reporting.