PENGARUH HIJABERS COMMUNITY TERHADAP GAYA HIDUP DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Perilaku konsumen sangat dinamis artinya mudah berubah. Hal ini salah satunya berkaitan dengan kondisi afeksi dan kognisi seorang konsumen yang dinamis sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Komunitas sosial merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Pergerakan perempuan belakangan ini berkembang secara pesat. Emansipasi wanita dapat dilihat dari berbagai segi. Banyak komunitas wanita yang sangat menginspirasi masyarakat, seperti halnya komunitas hijaber atau biasa disebut hijabers community, merupakan komunitas yang anggotanya terdiri dari perempuan beragama islam yang menggunakan hijab. Hijabers community ini memberi pengaruh terhadap gaya hidup yang nantinya akan berdampak pada proses keputusan pembelian hijab.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa perempuan berhijab pada Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Sampel yang dipilih sebanyak 100 responden Tehnik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh secara signifikan. Hijabers community berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup, gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan Hijabers community berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.