PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI UNIT PERIKANAN RAKYAT (UPR) SINGGASANA IKAN KECAMATAN SRONO BANYUWANGI
Abstract
Banyuwangi memiliki potensi alam berupa perairan yang sangat
melimpah. Salah satunya adalah perairan air tawar. Perikanan menjadi sektor
usaha yang paling tepat untuk memanfaatkan potensi alam tersebut. Pemerintah
pun mendirikan Balai Benih Ikan (BBI) yang berperan aktif untuk menyediakan
benih berbagai macam jenis ikan air tawar. Melihat kemajuan perkembangan
budidaya ikan air tawar semakin meningkat maka muncul lembaga-lembaga
swasta yang bergerak dalam bidang pembenihan berbagai jenis ikan air tawar
yang disebut Unit Perikanan Rakyat (UPR). Singgasana Ikan adalah salah satu
Unit Perikanan Rakyat (UPR) yang terdapat di Kecamatan Srono Kabupaten
Banyuwangi.
Populasi dari penelitian ini adalah para pembudidaya ikan air tawar,
penghobi ikan hias, pedagang ikan hias keliling, dan rumah makan yang pernah
melakukan pembelian benih ikan di UPR Singgasana ikan. Sampel yang dipilih
sebanyak 110 responden dengan tekhnik penentuan pengambilan sampelnya
adalah dengan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga
variabel berpengaruh langsung dan signifikan. Relationship marketing
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, relationship marketingberpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan. Dari ketiga variabel tersebut kepuasan pelanggan yang
berpengaruhpaling besar terhadap loyalitas pelanggan. Hasil tersebut dapat dilihat
dalam pengujian koefisien jalur.