PENGARUH TRUST DAN SERVICE QUALITY SERTA PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONLINE KASKUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Pada penelitian ini menggunakan 3 variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen online terutama konsumen pengguna forum jual beli Kaskus yang menjadi obyek penelitian. variabel yang pertama adalah kepercayaan (trust), variabel kedua adalah kualitas pelayanan (Service Quality), variabel yang terakhir adalah persepsi akan resiko (Perceived Risk), Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk menguji Pengaruh Trust dan Service Quality Serta Perceived Risk Terhadap keputusan pembelian konsumen online kaskus pada mahasiswa Universitas Jember.
Penelitian ini adalah penelitian confirmatory research karena betujuan untuk mengkonfirmasi teori. Penelitian ini diorientasikan untuk mengetahui pengaruh trust dan service quality serta perceived risk terhadap keputusan pembelian konsumen online Kaskus pada mahasiswa Universitas Jember. Sampel yang dipilih sebanyak 65 responden. Tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan uji asumsi regresi linier berganda dengan pendekatan konfirmatori. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh secara signifikan. Trust
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, service quality berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan Perceived Risk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.