Show simple item record

dc.contributor.authorIRWAN CRISWANTO
dc.date.accessioned2014-03-18T02:34:36Z
dc.date.available2014-03-18T02:34:36Z
dc.date.issued2014-03-18
dc.identifier.nimNIM070810301016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/55967
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan Program Pendidikan Gratis di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, serta mengetahui penggunaan dana alokasi pendidikan gratis dari pemerintah yang berfungsi untuk menunjang pelaksanaan program pendidikan. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Tipe penelitian yang di gunakan adalah deskriptif dan dasar penelitian studi kasus yang memfokuskan masalah pada pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Sekolah Dasar di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Sumber data penelitian ini diperoleh langsung dari informan, dengan memaknai teknik pengumpulan data berupa interview serta observasi dan dari dokumen, catatan, arsip resmi,serta literatur lainnya yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan hasil wawancara yang diperoleh kemudian dicatat dan dikumpulkan sehingga menjadi sebuah catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan 90 responden, menggambarkan 95% orang tua wali murid sangat setuju dan mendukung pelaksanaan pendidikan gratis, 89% orang tua wali murid sangat terbantu dengan adanya pendidikan gratis, 89% orang tua wali murid sangat puas atas pelaksanaan pendidikan gratis, dan 80% orang tua wali murid menyatakan bahwa pelaksanaan pendidikan gratis di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember benar-benar terealisasi dengan maksimal. Implementasi Program Pendidikan Gratis di Kecamatan Ajung kabupaten Jember dilakukan dengan cara perluasan dan pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan, peningkatan kualitas pelayanan dan pengawasan pelaksanaan pendidikn gratis, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta melibatkan peran masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan implementasi program pendidikan gratis di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember ialah komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Penggunaan dana alokasi pendidikan gratis dikelola oleh masing-masing sekolah yang digunakan untuk biaya SPP dan biaya-biaya lain yang menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070810301016;
dc.subjectimplementasi, faktor keberhasilan, pengelolaan dana alokasi pendidikan gratisen_US
dc.title“ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS” (Studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record