PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SALAD BUAH DI WILAYAH KABUPATEN BONDOWOSO (STUDI PADA “KEEAVA” SALAD JEMBER)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam mengenai hal-hal yang menjadi pertimbangan bagi konsumen salad buah di wilayah Kabupaten Bondowoso sebelum melakukan pembelian salad buah pada Keeava Salad Jember yang kemudian akan dianalisis mengenai alternatif strategi pemasaran yang dapat diambil oleh perusahaan. Informan yang dibutuhkan dalam penelitian ini sebanyak 17 informan yang berusia diatas 17 tahun, berada di wilayah Kabupaten Bondowoso dan pernah membeli salad buah pada Keeava Salad Jember sebanyak minimal dua kali pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif positifis (Positivist Qualitative research) Metode analisis data yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan yang bersifat sementara (conclusion drawing/ferification). Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa terdapat beberapa alternatif strategi pemasaran berdasarkan pertimbangan konsumen yang dapat diambil oleh perusahaan. Alternatif strategi pemasaran tersebut meliputi: membuat produk yang lebih berkualitas, lebih diminati konsumen dan membuat diversifikasi harga untuk dapat meraih seluruh segmentasi pasar dan merebut pangsa pasar salad buah yang ada di Kabupaten Bondowoso, merancang produk yang lebih mengena manfaatnya dan selalu membuat konsumen penasaran ingin membeli, memperbanyak armada penjualan, memperkuat komunikasi dan kordinasi antar karyawan dan pemilik perusahaan atau merombak manajemen perusahaan dengan memilih orang-orang sesuai bidang manajemen, memilih dan mendelegasikan armada penjualan berdasarkan pertimbangan konsumen yang berbeda-beda, gencar dalam mempromosikan produk dan berinovasi, membuka cabang penjualan disetiap kota, membuat produk yang lebih tahan terhadap cuaca yang tidak menentu/membuat produk sesuai dengan cuaca, diversifikasi produk, memunculkan image perusahaan agar timbul orientasi positif konsumen dan agar menimbulkan motivasi prapembelian konsumen, melakukan penelitian terhadap selera konsumen, memaksimalkan promosi, inovasi produk dan layanan penjual pada pelanggan perusahaan.