• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN SATU-LIMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN PILIH JAWABAN BERNUANSA GASING KELAS II SD NEGERI SLATENG 03 TAHUN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Lilik Mardiana - 080210204295_1.pdf (3.564Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Lilik Mardiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Matematika di kelas II SDN Slateng 03 Jember tahun pelajaran 2011/2012 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan saja, hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran Matematika tersebut adalah melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), sehingga siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slateng 03 Jember pada siswa kelas II sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa selama pembelajaran Matematika menggunakan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing mengalami peningkatan. Persentase aktifitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 59,88% (kategori sedang), dan pada siklus II mencapai persentase 79,32%, (kategori aktif). Hasil belajar siswa selama pembelajaran Matematika menggunakan metode penemuan mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70,37%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian bilangan satu sampai lima. Saran untuk penelitian ini bagi guru, diharapkan untuk menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa agar hasil belajar yang dicapai oleh siswa dapat meningkat dan dapat memenuhi KKM.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5593
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository