PENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN SEMBORO 03 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 03 Kelas V yang terdiri dari 32 siswa, 12 siswa laki-lakidan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data yang disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 3 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Semboro 03 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa selama pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan Metode Diskusi adalah: pada siklus I prosentase motivasi siswa dengan kriteria motivasi tinggi sebesar 71,75 %, siklus II sebesar 81,13%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 62,50% sedangkan pada siklus II sebesar 84,37%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi dan ketuntasan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.