PILIHAN BAHASA IKLAN DI STASIUN TELEVISI SWASTA
Abstract
Pilihan bahasa iklan di stasiun televisi swasta ini mengkaji pilihan bahasa yang
ada dalam iklan televisi yang meliputi eka bahasa, campur kode dan alih kode. Iklan
dalam televisi memuat beberapa peristiwa tutur yang dapat dipergunakan sebagai
data dalam sebuah penelitian studi kebahasaan. Hal ini disebabkan dalam iklan
televisi terdapat beberapa variasi pilihan bahasa yang dipengaruhi faktor sosial
maupun situasional. Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas
dalam penelitian ini 1) bagaimanakah pilihan bahasa iklan di stasiun televisi swasta,
2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan bahasa iklan di stasiun televisi
swasta. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang 1) wujud pilihan bahasa iklan di
stasiun televisi swasta. Pilihan bahasa itu meliputi: (a) eka bahasa, (b) campur kode,
dan (c) alih kode; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan bahasa iklan di stasiun
televisi swasta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan bintang iklan televisi yang terdapat pada sejumlah iklan televisi yang telah dipilih secara acak dan telah
ditranskrip dalam bentuk teks tertulis. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan metode simak atau penyimakan serta metode rekam dan catat.
Penganalisisan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pilihan bahasa iklan di stasiun televisi swasta adalah: (1)
wujud pilihan bahasa iklan di stasiun televisi swasta. Pilihan bahasa itu meliputi: (a)
eka bahasa, (b) campur kode, dan (c) alih kode. Wujud eka bahasa dalam bab ini
adalah eka bahasa Indonesia dengan menggunakan ragam santai dalam tuturan iklan.
Wujud campur kode pada tuturan iklan dipengaruhi oleh 4 hal, yaitu: a) campur kode
bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris pada teks iklan, b) campur kode bahasa
Indonesia dengan bahasa Inggris dalam tuturan iklan, c) campur kode bahasa
Indonesia dengan bahasa Arab, dan d) campur kode bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris yang disisipi bahasa daerah. Wujud alih kode dalam iklan televisi swasta
terdapat 2 kejadian, yaitu alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan alih
kode dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi
pilihan bahasa iklan di stasiun televisi swasta meliputi: 1) penutur, 2) situasi tutur,
dan 3) tujuan tindak tutur. Selanjutnya dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran: (1) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, disarankan dalam menerapkan pembelajaran menulis berbagai jenis iklan, guru harus memberikan berbagai pilihan bahasa iklan yang ada agar siswa tidak mengalami kendala pada saat proses belajar mengajar berlangsung dan siswa dapat mengetahui berbagai wujud pilihan bahasa iklan serta faktor-faktor yang mempengaruhi bahasa iklan tersebut, (2) bagi para
pembuat iklan agar memperhatikan pilihan bahasa yang digunakan dalam situasi atau konteks iklan tersebut agar lebih menarik dan dapat dinikmati oleh konsumen. (3) bagi peneliti lain, disarankan agar dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai pilihan bahasa iklan di bidang lainnya dan dengan menggunakan media lainnya yang banyak menggunakan pilihan bahasa.