• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDAPATAN DAN PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII di SMAN 01 Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    YULIAN EKO HADI PURNOMO.pdf (493.9Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    YULIAN EKO HADI PURNOMO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan suatu alat untuk mencerdaskan suatu bangsa, Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa maka pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan. Dalam hal ini jenjang perguruan tinggi sangat diperlukan oleh suatu bangsa dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Beberapa kendala untuk mewujudkan pemerataan pendidikan sampai ke perguruan tinggi diantaranya keadaan ekonomi masyarakat yang dapat dilihat dari tingkat pendapatannya, minat belajar, dan persepsi masyarakat tentang pendidikan juga berpengaruh terutama bagi masyarakat desa yang kurang mendapat pengetahuan tentang tehnologi. Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang termasuk kategori daerah tertinggal. Kemiskinan dan rendahnya kualitas pendidikan merupakan masalah laten yang ada di Bondowoso. Rendahnya kualitas pendidikan ditengarai sebagai salah satu faktor yang berandil besar menjadikan Kabupaten Bondowoso sebagai kategori daerah tertinggal. Tinggi rendahnya pendidikan dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya tingkat pendapatan, minat belajar, dan persepsi masyarakat tentang pendidikan itu sendiri. Tingginya biaya untuk menempuh jenjang perguruan tinggi menjadikan sebagian penduduk Bondowoso enggan untuk melanjutkan pendidikan anaknya hingga ke perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pendapatan dan persepsi orang tua tentang pendidikan terhadap motivasi siswa melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMAN 01 Tapen tahun viii ajaran 2010/2011, serta mengetahui faktor yang paling dominan diantara pendapatan dan persepsi orang tua tentang pendidikan terhadap motivasi siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah populasi sebanyak 61 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan persepsi orang tua tentang pendidikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMAN 01 Tapen tahun ajaran 2010/2011. Hal inni ditunjukkan melalui hasil perhitungan F hitung sebesar 38,956 > F 3,156 dan α = 0,05 > sig F = 0,000, dan koefisien determinasi (R ) sebesar 0,573 atau 57,3% yang berarti variabel pendapatan dan persepsi orang tua tentang pendidikan memberikan sumbangan sebesar 57,3% terhadap motivasi siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Besarnya proporsi sumbangan variabel pendapatan (X1) 8,29%, variabel persepsi orang tua tentang pendidikan (X2) 49,1%. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel persepsi orang tua tentang pendidikan (X2) sebesar 49,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pendapatan dan persepsi orang tua tentang pendidikan memberikan kotribusi positif terhadap motivasi siswa melanjutkan ke perguuan tinggi. Jika pendapatan orang tua memadai dan persepsi mereka tentang pendidikan baik maka mereka akan merasa perlu untuk membekali anak dengan pendidikan tinggi sehingga mereka akan mendukung dan memotivasi agar anak menempuh pendidikan setinggi mungkin, dan dengan dukungan orang tua ini motivasi anak untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi menjadi tumbuh lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5577
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository