PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES (Studi Pada Konsumen Netizen di Wilayah Perkotaan kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk
dan harga terhadap perpindahan merek dari produk smartphone selain Samsung ke
produk smartphone Samsung galaxy series pada konsumen netizen. Penelitian ini
menggunakan variabel bebas yang meliputi citra merek, kualitas produk, harga dan
variabel terikatnya yaitu perpindahan merek. Penelitian ini menggunakan analisis
regresi logistik dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability
sampling dan tekhnik pengambilan responden menggunakan tekhnik
purposive sampling sebanyak 110 responden yang semuanya merupakan konsumen
netizen. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari dari tiga variabel bebas hanya satu
variabel yang dapat berpengaruh terhadap perpindahan merek dari produk
smartphone selain Samsung ke produk smartphone Samsung galaxy series pada
konsumen netizen, yaitu variabel kualitas produk. Sedangkan variabel citra merek dan
harga tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek dari produk smartphone selain
Samsung ke produk smartphone Samsung galaxy series pada konsumen netizen.
Karena dari hasil analisis yang sudah dilakukan dengan menggunakan alat analisis
regresi logistik menunjukan bahwa hanya kualitas produk yang memiliki nilai
signifikansi lebih kecil dari 0,05(5%) yaitu sebesar 0,022 dengan nilai odds ratio
sebesar 2,242 yang menunjukan bahwa setiap adanya peningkatan kualitas produk
pada produk smartphone Samsung galaxy series maka akan ada peningkatan pada
konsumen netizen untuk melakukan perpindahan merek pada produk smartphone
Samsung galaxy series sebesar 2,242 kali daripada berpindah pada produk lain.