• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BAGOREJO 01 GUMUKMAS JEMBER (Materi Pesawat Sederhana Semester II Tahun Pelajaran 2010-2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Iqbal Ansori.pdf (752.7Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    IQBAL ANSORI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di kelas V SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember semester II tahun pelajaran 2010-2011, sebanyak 20 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Meotode analisis data penelitian ini adalah deskriptif persentase. Data penelitian yang dianalisis meliputi ketuntasan belajar individu, dan ketuntasan belajar secara klasikal. Selanjutnya hasil analisis data diperoleh baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil ini di interpetasi dan disimpulkan yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2011 sampai 23 Maret 2011 Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember dengan Metode Inkuiri dan media tiga dimensi berjalan dengan baik meskipun belum optimal karena keterbatasan waktu. Analisis pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan tindakan pembelajaran dengan Metode inkuiri dan media tiga. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I termasuk dalam kriteria tuntas yaitu 75%, meskipun pada siklus I sudah ada peningkatan penelitian dilanjutkan pada siklus II sebagai pemantapan, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 85%. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian, metode Inkuiri dapat dijadikan alternatif untuk masukan metode mengajar dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5571
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository