dc.description.abstract | Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan
pembelajaran dalam pendidikan. Seorang siswa harus mempunyai motivasi belajar
yang tinggi untuk menggerakkan semangat belajarnya. Proses belajar mengajar
merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa
yang didasarkan pada hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif
untuk mencapai tujuan tertentu. Guru harus mempunyai keterampilan dasar mengajar
dalam proses pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus guru
miliki adalah keterampilan memberi penguatan. Motivasi belajar dan penguatan oleh
guru diperlukan untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.
Permasalahan yang timbul adalah: Adakah pengaruh yang signifikan dari
variabel motivasi belajar dan penguatan oleh guru terhadap prestasi belajar siswa
mata pelajaran ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA
Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)?
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri Balung semester ganjil
tahun ajaran 2010/2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area
sedangkan penentuan responden dengan menggunakan metode populasi sejumlah 78
siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode angket,
obaservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial, dimana analisis inferensial meliputi analisis regresi
linier berganda, varian garis regresi, uji F dan uji t.
vii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan penguatan oleh
guru mempunyai pengaruh yang simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 195,563 > Ftabel sebesar 3,12
dengan tingkat
= 0,05 > Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel motivasi
belajar dan penguatan oleh guru secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa
sebesar 83,9 %. Hasil uji t dan masing-masing variabel bebas terhadap variabel
terikat adalah motivasi belajar (X
1
) t
hitung
= 8,836 > t
= 1,99, penguatan oleh guru
(X
2
) t
hitung
= 4,466 > t
tabel
viii
tabel
= 1,99. Dari hasil penelitian ini yang mempunyai pengaruh
dominan terhadap prestasi belajar adalah motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan
sumbangan masing-masing variabel motivasi belajar 57,27 % sedangkan penguatan
oleh guru 26,65 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan penguatan
oleh guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran
2010/2011. | en_US |