Show simple item record

dc.contributor.authorYeni Manzilatul M
dc.date.accessioned2013-12-06T03:17:28Z
dc.date.available2013-12-06T03:17:28Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210301154
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5570
dc.description.abstractMotivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan pembelajaran dalam pendidikan. Seorang siswa harus mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk menggerakkan semangat belajarnya. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa yang didasarkan pada hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Guru harus mempunyai keterampilan dasar mengajar dalam proses pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus guru miliki adalah keterampilan memberi penguatan. Motivasi belajar dan penguatan oleh guru diperlukan untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Permasalahan yang timbul adalah: Adakah pengaruh yang signifikan dari variabel motivasi belajar dan penguatan oleh guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)? Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri Balung semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan penentuan responden dengan menggunakan metode populasi sejumlah 78 siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode angket, obaservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, dimana analisis inferensial meliputi analisis regresi linier berganda, varian garis regresi, uji F dan uji t. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan penguatan oleh guru mempunyai pengaruh yang simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 195,563 > Ftabel sebesar 3,12 dengan tingkat  = 0,05 > Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel motivasi belajar dan penguatan oleh guru secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 83,9 %. Hasil uji t dan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah motivasi belajar (X 1 ) t hitung = 8,836 > t = 1,99, penguatan oleh guru (X 2 ) t hitung = 4,466 > t tabel viii tabel = 1,99. Dari hasil penelitian ini yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar adalah motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan sumbangan masing-masing variabel motivasi belajar 57,27 % sedangkan penguatan oleh guru 26,65 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan penguatan oleh guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301154;
dc.subjectMotivasi Belajar dan Penguatan Oleh Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record