Show simple item record

dc.contributor.authorWijaya Adi Putra
dc.date.accessioned2013-12-06T03:11:59Z
dc.date.available2013-12-06T03:11:59Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210301046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5558
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai penelitian, tujuannya untuk meningkatkan kerjasama akademik antar siswa, membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan kemampuan akademik melalui aktivitas kelompok. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat saling ketergantungan positif di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa adalah metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dicirikan oleh suatu struktur tugas, tujuan dan penghargaan kooperatif. Siswa bekerjasama dalam situasi semangat pembelajaran kooperatif seperti membutuhkan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dan mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugas. Selain itu, pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep ekonomi yang menurut mereka cukup sulit, serta menumbuhkan kemampuan bekerjasama, berpikir kritis, tanggung jawab, dan mengembangkan sikap sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas XI IPS.1 semester genap SMA Pahlawan Jember tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan viii dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat membantu peningkatan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam kriteria kemampuan berpikir kritis selama melakukan observasi dan penelitian sudah mencapai target yaitu tingkat yang tinggi, yaitu kemampuan menganalisis meningkat hingga 74%, kemampuan mensintesis meningkat sebesar 78%, kemampuan mengenal dan memecahkan masalah meningkat sebesar 55%, kemampuan mengevaluasi/menilai meningkat sebesar 31% serta kemampuan menyimpulkan juga meningkat sebesar 43%. Kemudian pada motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan tinggi pula, yaitu minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran sebesar 67%, semangat belajar siswa untuk mengerjakan tugas-tugas belajarnya meningkat sebesar 87%, tanggung jawab siswa terhadap tugas belajarnya meningkat sebesar 70%, rasa senang siswa terhadap tugas yang diberikan oleh guru meningkat sebesar 72%, serta reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru juga meningkat sebesar 74%. Sehingga telah menunjukkan bahwa masingmasing indikator kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301046;
dc.subjectMetode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisionsen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS.1 Semester Genap SMA Pahlawan Jember Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan APBN dan APBD Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record