Show simple item record

dc.contributor.authorAdi Santoso
dc.date.accessioned2013-12-06T03:08:17Z
dc.date.available2013-12-06T03:08:17Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210402106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5551
dc.description.abstractKeberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor - faktor tersebut antara lain perencanaan, perangkat, dan performansi. Guru yang telah melakukan persiapan pembelajaran dengan baik bukan jaminan proses pembelajarannya akan efektif. Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat aktif, untuk itu dalam pembelajaran menulis puisi dibutuhkan metode yang tepat dan salah satu metode pembelajaran adalah metode karyawisata. Merujuk pada pendapat Djajadisastra Hasil tugas menulis puisi pada observasi awal ditemukan beberapa siswa yang menulis puisi bukan karyanya sendiri melainkan karya orang lain seperti menulis syair lagu yang dihafalkan dan menulis kembali karya puisi orang lain. Hal i ni berpengaruh terhadap perolehan nilai siswa yang rendah. Permasalahan yang muncul dengan adanya latar belakang tersebut, yaitu Bagaimanakah penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh? Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup: Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian tindakan kelas ini adalah simultan terpadu. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari siklus I dan siklus II, hal ini dilakukan untuk memperoleh data yang menunjukkan sukses atau tidaknya pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode karyawisata di SMAN 1 Darussholah Singojuruh. Data dalam penelitian ini adalah rangkaian kegiatan atau tindakan guru di kelas dan reaksi siswa dalam proses belajar mengajar sebelum dan sesudah menerapkan metode karyawisata di kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh. Data tersebut dikumpulkan dari sumbernya yaitu kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh, guru bahasa Indonesia, dan puisi karya tulis siswa. Hasil dan pembahasan penelitian ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan menulis puisi siswa. Ketuntasan hasil cipta puisi siswa pada prasiklus 7 siswa Kesimpulannya, kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh meningkat setalah guru menerapkan metode karyawisata Saran bagi guru Bahasa Indonesia, penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran keterampilan menulis bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas X.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402106;
dc.subjectmenulis puisi, metode karyawisataen_US
dc.titlePENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 1 DARUSSHOLAH SINGOJURUH TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record