• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) (Studi Deskriptif Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Penyandang Tunagrahita di SLB-C Taman Pendidikan Dan Asuhan (TPA) Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Holifah Komariah Ulfa_1.pdf (1.901Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Holifah Komariah Ulfa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah hak setiap individu. begitu juga anak tunagrahita yang mana anak tunagrahita memiliki lemah ingatan dan intelektual yang rendah juga berhak untuk mendapatkan pendidikan. Faktor utama yang mendukung anak tunagrahita untuk mendapatkan layanan pendidikan yaitu dorongan atau motivasi orangtua yang menjadi prasyarat utama agar anak tunagrahita tetap bersekolah. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk berupaya membantu anak yang berkebutuhan khusus dalam hal ini yaitu anak yang mengalami kelainan mental. Salah satu yang dilakukan pemerintah yaitu mengadakan sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus yakni Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB-C TPA Jember merupakan bagian dari SLB yang resmi berdiri pada tahun 1979 yang memberikan pelayanan pendidikan tingkat dasar sampai tingkat menengah keatas untuk anak yang mengalami kelainan mental (tunagrahita). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisa dan mendeskripsikan motivasi orang tua menyekolahkan anak di SLB dalam hal ini SLB-C Taman . Metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan tekhnik snowball sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi wawancara mendalam (indept interview), observasi partisipan pasif, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi orang tua menyekolahkan anak didorong oleh motivasi internal dan motivasi external. Adapun motivasi internal yang dimaksud yaitu 1) motivasi yang timbul dari dalam diri orang tua (ibu) disebabkan karena anak tidak mampu berdaptasi dengan lingkungan sekitar. 2) motivasi yang timbul dari dalam diri orang tua (ibu) karena anak tidak mampu mandiri. 3) Motivasi yang tinggi terhadap pentingnya pendidikan. Sedangkan motivasi externalnya yaitu yang pertama motivasi yang disebabkan adanya pertanyaan-pertanyaan teman seusia anak atau teman sebaya dan yang kedua yaitu motivasi yang timbul karena pengaruh dari keluarga lain. Oleh karena itu dalam penelitian ini disarankan agar para orang tua tetap menjalin interaksi dengan para guru di sekolah tersebut untuk selalu menanyakan perkembangan anaknya sehingga nantinya ada keseimbangan dan untuk orang tua dapat memberikan masukan tentang pendidikan seperti apa yang harus diberikan kepada anaknya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5541
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5666]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository