PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JEMBER KIDUL 04 POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA DENGAN PENDEKATAN PAKEM MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pendekatan PAKEM melalui penggunaan alat peraga IPA siswa kelas IV
SDN Jember Kidul 04 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 50
siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang
dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap
penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action),
pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis
jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas
siswa selama proses pembelajaran IPA, dan dalam memecahkan masalah IPA.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan
aktivitas terlihat pada Siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 86%n dari persentase
keaktifan siswa di siklus II dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil
meningkatkan aktivitas siswa karena Kriteria klasikal, suatu kelas dinyatakan aktif
apabila telah mencapai persentase 80-90% dari skor maksimal 100%. (2) siswa
mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum
tindakan secara klasikal sebesar 64%,. Tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil
belajar menjadi 66%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat
setelah tindakan siklus II dengan persentasi sebesar 84%, jadi dapat simpulkan bahwa
penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa
dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor 65 dari skor maksimal 100.
ketuntasan klasikal, suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% telah
mencapai ketuntasan individual 65 dari skor maksimal 100.