• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JEMBER KIDUL 04 POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA DENGAN PENDEKATAN PAKEM MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Ikmal Akbar.pdf (283.5Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Ikmal Akbar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pendekatan PAKEM melalui penggunaan alat peraga IPA siswa kelas IV SDN Jember Kidul 04 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 50 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan dalam memecahkan masalah IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan aktivitas terlihat pada Siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 86%n dari persentase keaktifan siswa di siklus II dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan aktivitas siswa karena Kriteria klasikal, suatu kelas dinyatakan aktif apabila telah mencapai persentase 80-90% dari skor maksimal 100%. (2) siswa mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan secara klasikal sebesar 64%,. Tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 66%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan persentasi sebesar 84%, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor  65 dari skor maksimal 100. ketuntasan klasikal, suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% telah mencapai ketuntasan individual  65 dari skor maksimal 100.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5540
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository