PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU (Studi Kasus pada Guru di SMAN Plus Sukowono tahun 2011)
Abstract
Keberadaan guru mempunyai peranan penting didalam menentukan
keefektifan proses belajar mengajar dan pencapaian tujuan sekolah, sehingga guru
dituntut untuk dapat menampilkan kinerjanya secara optimal. Tinggi rendahnya
pencapaian kinerja guru tersebut tidak terlepas dari pengaruh gaya kepemimpinan
kepala sekolah, sehingga kepala sekolah juga dituntut untuk dapat menerapkan
gaya kepemimpinannya secara tepat, apakah dengan menerapkan gaya
kepemimpinan yang otoriter maupun yang demokrasi . Selain faktor
kepemimpinan, pemberian motivasi oleh kepala sekolah juga merupakan faktor
penting yang akan mempengaruhi kinerja guru didalam proses mengajar, dimana
seseorang guru akan lebih bersemangat dan lebih rajin lagi bila ada perhatian dan
dorongan di dalam mengajar.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan
dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap peningkatan Kinerja guru di
SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun 2011. Metode penentuan lokasi
penelitian secara purposive yaitu di SMAN Plus Sukowono, metode penentuan
responden dengan studi populasi yaitu semua guru yang berjumlah 30 orang,
sedangkan metode pengumpulan datanya melalui angket, wawancara, observasi
dan dokumentasi, serta analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial
dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan pemberian
motivasi kepala sekolah secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember
tahun 2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan dimana F
(
78,66 > 3,35 ) dengan α 0,05 > Sig F 0,000 dan koefisien determinasi ( Rsquare)
hitung
> F
tabel
sebesar 0,854 yang berarti gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala
sekolah memberikan sumbangan sebesar 0,85 % terhadap peningkatan kinerja
guru. Besarnya proporsi sumbangan gaya kepemimpinan yang bertipe demokrasi
sebesar 53,58% sedangkan pemberian motivasi kepala sekolah sebesar 31,74 %,.
Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar diberikan olah gaya
kepemimpinan yang bertipe demokrasi sebesar 53,58%.
Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan
dan Ilmu pendidikan, Universitas jember.