dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Hidayatuddiniyah Wuluhan Kab.
Jember yang terdiri dari 20 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 7
April sampai dengan 25 April 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes
individu. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 52,5% dan pada siklus II
persentase aktivitas belajar sebesar 80,33%. Peningkatan aktivitas belajar dari siklus I
ke siklus II sebesar 30,83%, Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu
aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus
I persentase hasil belajar sebesar 50%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 90%
jadi memenuhi SKM yang di tetapkan MI Hidayatuddiniyah Wuluhan yaitu sebesar
65%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perkembangan teknologi
transportasi, persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 50% dengan
siswa tuntas 10 dari 20 siswa dan siklus II yaitu 90% dengan siswa tuntas 18 dari 20
siswa. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana
belajar yang aktif, menumbuhkan interaksi yang baik antar siswa, sehingga dapat
saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain. | en_US |