dc.description.abstract | Pembelajaran matematika di SD secara umum masih berjalan secara konvensional, di mana Guru selalu melaksanakan pembelajaran hanya di dalam kelas dan selalu mendominasi proses pembelajaran. Hal ini berakibat negatif pada siswa, di mana siswa tidak senang belajar matematika, aktivitas siswa rendah karena hanya menjadi objek, kreatifitasnya rendah dan hasil belajar siswa juga rendah. Oleh karena itu perlu dirancang model pembelajaran matematika yang mampu dijadikan alternatif oleh guru dalam menciptakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) siswa di SD.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Matematika Luar Kelas (Outdoor Mathematics) dengan Pendekatan Realistik Berorientasi PAKEM di Sekolah Dasar. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Model yang dilengkapi dengan perangkat pembelajarannya, yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar Siswa (THB). Diharapkan produk ini dapat dijadikan pedoman bagi Guru untuk menerapkan model pembelajaran ini di SD.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (developmental research). Hal yang dikembangkan adalah Model Pembelajaran Matematika Luar Kelas (Outdoor Mathematics) dengan Pendekatan Realistik Berorientasi PAKEM di Sekolah Dasar. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 2 tahun. Pada tahun pertama (2010), dilaksanakan di Jember selama 6 bulan efektif, mulai awal Juni sampai akhir November 2010. Pada penelitian ini digunakan model pengembangan dari Plomp yang telah dimodifikasi sesuai tujuan penelitian. Dari 5 tahap yang ada, maka hanya dilakukan 3 tahapan penelitian, yaitu (1) investigasi awal, (2) perancangan (desain), (3) realisasi/konstruksi. Pada penelitian tahun kedua (2011) akan dilakukan tahap (4) tes, evaluasi dan revisi dan tahap (5) implementasi. | en_US |