PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN MEDIA BENDA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan media
benda asli pokok bahasan gaya terlihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas hasil tes dan siswa pada akhir
pembelajaran siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal yaitu
64% dan pada kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90% sedangkan
pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal 84% dan pada kegiatan tes akhir
ketuntasan klasikal menjadi 100%. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa siklus 1
dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20% pada aktivitas dan 10% pada
hasil tes akhir. Pada siklus 1 aktivitas dan hasil belajar siswa sudah berhasil namun
tetap dilanjutkan ke siklus 2 sebagai pemantapan dari siklus 1 sehingga penelitian ini
dilakukan sebanyak 2 siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa pada saat mengikuti
pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli
termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktivan siswa
secara klasikal pada siklus 1 sebesar 64%, dan pada siklus 2 sebesar 84% yang berarti
mengalami peningkatan 20%. Hasil belajar IPA siswa setelah pembelajaran dengan
menggunakan metode eksperimen dan media benda asli pokok bahasan gaya siswa
kelas IV SD Negeri Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Ajaran
2010/2011 terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal. Hal ini dapat dilihat
dari persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 90% dan siklus 2 sebesar 100%,
yang berarti terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 10%.