• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN MEDIA BENDA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Herleni.pdf (165.0Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    HERLENI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli pokok bahasan gaya terlihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas hasil tes dan siswa pada akhir pembelajaran siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal yaitu 64% dan pada kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90% sedangkan pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal 84% dan pada kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal menjadi 100%. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20% pada aktivitas dan 10% pada hasil tes akhir. Pada siklus 1 aktivitas dan hasil belajar siswa sudah berhasil namun tetap dilanjutkan ke siklus 2 sebagai pemantapan dari siklus 1 sehingga penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa pada saat mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktivan siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 64%, dan pada siklus 2 sebesar 84% yang berarti mengalami peningkatan 20%. Hasil belajar IPA siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli pokok bahasan gaya siswa kelas IV SD Negeri Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Ajaran 2010/2011 terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 90% dan siklus 2 sebesar 100%, yang berarti terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 10%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5468
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository