dc.description.abstract | Keputusan Industri Pisang Sale untuk melakukan diversifikasi produk pada
ragam produk, tampilan pembungkusan dan ukuran pembungkusan penting untuk
dilakukan. Hal tersebut untuk mencapai volume penjualan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruhyang signifikan variabel
diversifikasi produk (ragam produk,tampilan pembungkusan dan ukuran
pembungkusan) terhadap volume penjualan pada Industri Pisang Sale di Kabupaten
Banyuwangi periode tahun 2009, dan mengetahuimanakah diantara variabel
diversifikasi produk (ragam produk, tampilan pembungkusan dan ukuran
pembungkusan) yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap volume penjualan
pada industri pisang sale di Kabupaten Banyuwangi periode tahun 2009.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada Industri
Pisang sale di Kabupaten Banyuwangi.Penentuan lokasi penelitian menggunakan
metode purposive area, sedangkan dalam menentukan responden penelitian
menggunakan metode purposive, dimana dalam menentukan jumlah responden
menggunakan metode populasi.Metode pengumpulan data menggunakan metode
angket, wawancara, dokumen, dan observasi.Analisis data yang digunakan adalah
analisis inferensial yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan
uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang
signifikan variabel diversifikasi produk (ragam produk, tampilan pembungkusan dan
ukuran pembungkusan) terhadap volume penjualan pada Industri Pisang Sale di
Kabupaten Banyuwangi periode tahun 2009 sebesar 82,4%. Secara parsial
proporsisumbangan variabel ragam produk sebesar 30,6%, variabel tampilan
pembungkusan sebesar 26,93%, dan variabel ukuran pembungkusan sebesar 24,87%.
Hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial variabel ragam produk mempunyai
pengaruh paling besar daripada variabel tampilan pembungkusan dan variabel ukuran
pembungkusan terhadap volume penjualan pada industri pisang sale di Kabupaten
Banyuwangi periode tahun 2009.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwadiversifikasi produk (ragam produk, tampilan pembungkusan dan ukuran
pembungkusan) berpengaruh signifikan terhadap terhadap volume penjualan pada
Industri Pisang Sale di Kabupaten Banyuwangi periode tahun 2009.Variabel ragam
produk (X
) mempunyai pengaruh paling besar terhadap volume penjualan pada
Industri Pisang Sale di Kabupaten Banyuwangi periode tahun 2009. | en_US |