PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN LUAS MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN BULUKANDANG II KEC. LUMBANG KAB. PASURUAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana
aktivitas guru dalam pembelajaran pengukuran luas dengan menggunakan metode
demonstrasi. (2) Untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran pengukuran luas dengan menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bulukandang II kelas V yang
terdiri dari 24 siswa, yang terdiri dari 9 siswa dan 15 siswi. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
desdriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif
untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal
08 Pebruari 2011 sampai dengan tanggal 04 Mei 2011 dengan subjek penelitian
siswa kelas V SDN Bulukandang II Kec. Lumbang Kab. Psuruan . Data yang
dikumpulkan berupa aktivitas guru dan tes individu siswa. Berdasarkan data yang
diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil belajar
siswa pokok bahasan pengukuran luas melalui metode demonstrasi adalah: pada
siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dengan kriteria baik adalah 54
%, sedangkan pada siklus II adalah 96 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
hasil belajar pada materi pengukuran luas dengan metode demonstrasi. Selain itu
dengan menggunakan metode demonstrasi yang dikemas dalam sebuah permainan
(kuis) dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk
lebih berani mengungkapkan pendapat dan memotivasi siswa untuk meningkatkan
hasil belajar serta dapat meningkatkn keakraban siswa.