PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM BISNIS RESTORAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN LESTARI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Bauran Pemasaran Dalam Bisnis Restoran
Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Lestari
Jember. Objek yang diteliti adalah pelanggan rumah makan Lestari Jember bulan
Februari sampai bulan Maret 2011. Tujan penelitian bertujuan untuk mengetahui
dan menganalisa pengaruh bauran pemasaran dalam bisnis restoran terhadap
kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan data primer dan
data sekunder. Data primer diambil dari jawaban responden yang mengisi
kuisioner yaitu pelanggan rumah makan Lestari Jember yang terpilih dan
memenuhi kriteria sebagai responden. Sedangkan data sekunder penelitian ini
diperoleh dari penelitian sebelumnya, literatur yang berakaitan dengan penelitian
rumah makan Lestari Jember . Tehnik Pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 140 orang. Alat analisis
yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis ini
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran yang
terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, proses, orang terhadap
kepuasan konsumen. Menunjukkan juga pengaruh yang signifikan antara bauran
pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, proses,
orang terhadap loyalitas konsumen. Menunjukkan juga pengaruh yang signifikan
antara kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen.