ANALISIS VALIDITAS BUTIR SOAL TES SUMATIF SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2009/2010 BIDANG STUDI EKONOMI (STUDI KASUS PADA KELAS XI DI SMAN 1 DAN SMAN 2 JEMBER)
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari pencapaian tujuan yang
telah ditentukan. Salah satu indikator untuk menilai hal tersebut adalah bagaimana
seorang guru untuk menyusun alat penilaian (tes) yang memenuhi standar yaitu standar
KTSP. Tes yang baik adalah tes yang memenuhi unsur-unsur sebagai alat penilaian yaitu
validitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal tes sumatif yang
dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi serta tingkat validitas pada butir soal tes
sumatif semester 1 tahun ajaran 2009/2010 bidang studi ekonomi kelas XI di SMAN 1
dan SMAN 2 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Objek yang diteliti adalah butir soal tes sumatif semester 1 tahun ajaran
2009/2010 bidang studi ekonomi kelas XI di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember. Penelitian
ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2010 – 01 Januari 2011. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumen dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyusunan butir soal tes
sumatif yang dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember
sudah sesuai dengan ketentuan KTSP. Hal ini terlihat dari proses penyusunan butir soal
yang dilakukan guru tersebut sudah mengacu pada langkah-langkah penyusunan butir
soal menurut KTSP. Berdasarkan hasil telaah butir soal dengan menggunakan kartu
telaah, dapat ditunjukkan bahwa tingkat validitas isi dan validitas konstruksi pada tes
sumatif di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember sudah tinggi. Tingkat validitas isi tes sumatif
ini terlihat dari kesesuaiannya antara butir soal dengan indikator materi pada kartu telaah
dan tingkat validitas konstruksi tes sumatif terlihat dari kesesuaiannya antara butir soal
dengan indikator konstruksi soal serta bahasa/budaya pada kartu telaah soal. Oleh karena
itu, berpedoman pada rumusan permasalahan dan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa proses penyusunan butir soal tes sumatif semester 1 tahun ajaran 2009/2010 yang
dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember sudah
berpedoman pada KTSP dan butir soal yang dihasilkan telah memiliki tingkat validitas
yang tinggi.