• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KUASAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Lembaga Keuangan Di Kelas X.2 SMA Muhammadiyah 3 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Khusnul Rahayu N_1.pdf (6.964Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Khusnul Rahayu N.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan hal yang dilakukan oleh setiap manusia baik untuk melestarikan maupun meningkatkan kualitas hidupnya. Pendidikan adalah faktor yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Dalam proses pendidikan, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang utama dan didalamnya terdapat dua komponen yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya yaitu guru dan siswa. Berbagai permasalahan tentunya dihadapi dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi guru mata pelajaran ekonomi di kelas X.2 adalah aktivitas belajar siswa kelas X.2 tergolong rendah dengan skor aktivitas secara klasikal sebesar 2.2, ketuntasan belajar kelas X.2 belum tuntas dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 60,86%. Ketuntasan belajar dapat dikatakan tuntas apabila terdapat minimal 75% siswa yang mencapai skor ≥75 dari skor maksimal 100. Penyelesaian dari permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya model pembelajaran koopertaif model KUASAI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran model KUASAI ini terdiri dari 6 tahapan pembelajaran yaitu kerangkakan pikiran, uraikan fakta, apa maknanya, sentakkan ingatan, aplikasikan, dan instropeksi. Tindakan siklus menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan skor aktivitas belajar 2,6. Aktivitas yang dinilai antara lain bertanya, menjawab pertanyaan, diskusi, dan mengemukakan pendapat. Aktivitas pada siklus I belum dapat mancapai tujuan penelitian. Target dalam penelitian ini dapat mencapai aktivitas belajar antara 3,1 – 3,7 (criteria tinggi). Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Penerapan mondel KUASAI pada siklus II ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari semula 2,6 menjadi 3,2 (tinggi). Dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penerapan model KUASAI juga untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 60,86% (tidak tuntas). Setelah diterapkan pembelajaran model KUASAI ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,73%. Ketuntasan pada siklus I ini belum mencapai tujuan penelitian, karena target yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 75% siswa tuntas dalam pembelajaran. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Penerapan model pembelajaran KUASAI pada siklus II dapat mencapai tujuan penelitian. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,60%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5428
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository