PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF MELALUI PENERAPAN PAKEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN 2 BLIMBING SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu syarat yang harus dikuasai
oleh seseorang dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Hal ini sesuai
tuntutan kurikulum 2008, GBPP dan suplemen mata pelajaran Bahasa Indonesia
untuk Sekolah Dasar, yakni siswa diberi pembelajaran menulis serta penggunaan
ejaan dan tanda baca dalam menulis dengan standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang sesuai.
Keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo masih
rendah, terutama menulis karangan narasi. Hal ini dapat diketahui dari hasil
belajar siswa, diantaranya siswa kurang terampil dalam hal keruntutan isi cerita,
tidak efektifnya kata yang digunakan, ejaan dan tanda baca yang belum sempurna,
serta kurang sesuainya isi cerita dengan judul yang dibuat. Dalam proses
pembelajaran, guru masih lebih dominan sehingga timbul pembelajaran satu arah.
Kondisi inilah yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis karangan
narasi siswa.
Permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya keterampilan menulis
karangan narasi siswa, diperlukan adanya perbaikan dalam pembelajaran. Untuk
itu dipilihlah penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and
picture sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya keterampilan
menulis karangan narasi siswa. Dipilihnya PAKEM untuk membuat siswa
menjadi aktif sehingga dapat menumbuhkan kreativitas siswa, sedangkan metode
picture and picture untuk menumbuhkan imajinasi siswa sehingga dapat
memudahkan siswa dalam menulis karangan narasi.
Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dirumuskan masalah dalam
penelitian ini yaitu:
Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan PAKEM dengan metode
picture and picture ini adalah sebanyak dua siklus. Hasil analisis data hasil belajar
siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan secara signifikan. Hal
ini terlihat pada perolehan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada
siklus 1 yang meningkat menjadi 68,42%. Pada pembelajaran siklus 2, ketuntasan
hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan kembali sebesar
21,05% menjadi 89,47%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan PAKEM dengan
menggunakan metode picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan
menulis karangan narasi sugestif adalah pembelajaran yang terdiri dari proses
persiapan, kegiatan inti, dan kegiatan tindak lanjut, serta terjadi peningkatan
secara signifikan dalam hal keterampilan menulis karangan narasi sugestif pada
siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo setelah diterapkan PAKEM dengan
menggunakan metode picture and picture. Saran atas dasar hasil penelitian ini
adalah guru dapat menjadikan penerapan PAKEM dengan menggunakan metode
picture and picture sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki dan
meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.