Show simple item record

dc.contributor.authorErni Sugianto
dc.date.accessioned2013-12-06T02:00:15Z
dc.date.available2013-12-06T02:00:15Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204191
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5399
dc.description.abstractBertanya merupakan aktivitas berbahasa yang sering diucapkan. Keterampilan bertanya merupakan keterampilan yang digunakan untuk mendapatkan jawaban/balikan dari orang lain. Dalam bertanya perlu diperhatikan ketepatan penggunaan kata tanya. Macam-macam kata tanya yag sering digunakan dalam bertanya adalah siapa, apa, berapa, dimana, kemana, kapan, mengapa dan bagaimana. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi siswa yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas 2 SD Negeri Karangrejo 06 Jember dalam menggunakan kata tanya masih rendah, terlihat siswa masih malu-malu untuk berbicara di depan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Model TPS berbantuan gambar seri (2) bagaimanakah pembelajaran kooperatif Model TPS berbantuan gambar seri yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2; dan (3) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara dalam menggunakan kata tanya siswa kelas 2 setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif model TPS berbantuan gambar seri. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam menggunakan kata tanya setelah dilakukan pembelajaran kooperatif Model TPS berbantuan media gambar seri dan meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 2 SD Negeri Karangrejo 06 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangrejo 06 Jember pada tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 21 Mei 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Karangrejo 06 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. viii Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pembelajaran menggunakan kata tanya melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share berbantuan gambar seri yang dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDN Karangrejo 06 Jember berlangsung dengan siswa memikirkan kata tanya berdasarkan gambar yang diamati sebelum melakukan kegiatan bertanya kepada temannya di kelas, guru meminta siswa untuk berpasangan selanjutnya salah satu siswa mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh siswa lain, selanjutnya siswa menanggapi kalimat yang dikemukakan kawannya. Setelah semua melakukan kegiatan bertanya jawab siswa dibimbing oleh guru menanggapi kalimat yang telahdilakukan oleh temannya berdasarkan gambar seri yang telah diamati. Peningkatan kemampuan berbicara siswa diketahui dari pemerolehan nilai prasiklus dengan rata-rata nilai siswa 55,35 dengan hanya sekitar 2 siswa (7,1%) yang mendapat nilai ≥65. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 56,60 dengan hanya sekitar 8 siswa(28,57%) yang mendapat nilai ≥ 65, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal (70%), setelah diterapkan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 79,46 dengan sebanyak 26 siswa (92,86%) yang mendapat nilai ≥ 65 dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Model Think Pair and Share berbantuan gambar seri juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor dari hasil observasi aktivitas siswa mencapai 68%, setelah dilaksanakan siklus II keaktifan siswa meningkat maximal yakni 100%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204191;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 2 SDN KARANGREJO 06 JEMBER DALAM MENGAJUKAN PERTANYAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN GAMBAR SERIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record