• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN SUKOSARI 01 SUKOWONO TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    DWI MILASARI_001.pdf (237.3Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    DWI MILASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar Matematika di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; siswa masih banyak yang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan sistem konvensional. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa hanya duduk diam mendengarkan . Penerapan model Polya dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi KPK dan FPB melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Menurut Polya, solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) menyelesaikan masalah sesuai rencana, (4) melakukan pengecekan kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menerapkan pembelajaran pemecahan masalah Matematika model Polya pada siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono tahun ajaran 2011/2012, (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Model Polya pada pokok bahasan KPK dan FPB. (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Model Polya pada pokok bahasan KPK dan FPB. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Polya pada siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sukosari 01 Sukowono, mulai tanggal 12 September 2011 sampai tanggal 24 viii September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, aktivitas siswa selama proses pembelajaran Matematika, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5380
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository