PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBERAGUNG 01 BANYUWANGI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstract
Proses pembelajaran IPS di SDN Sumberagung 01 Banyuwangi masih
dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah.
Pembelajaran yang dilakukan mengakibatkan penurunan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe IOC merupakan salah satu model
pembelajaran inovatif yang memberi kondisi belajar yang menyenangkan,
meningkatkan keterampilan kerjasama dalam kelompoknya, melatih siswa dalam
berpikir kritis, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan, yang pada
akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis
pekerjaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN
Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011?; (2) bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis
pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran
2010/2011?.