Show simple item record

dc.contributor.authorHaris Setiawan
dc.date.accessioned2013-12-06T01:45:02Z
dc.date.available2013-12-06T01:45:02Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5366
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan desain PTK dari model Hopskin, dan prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, tetapi jika pada prakteknya, siklus dua siswa belum mencapai hasil belajar sesuai SKM maka siklus akan dilanjutkan sampai hasil belajar mencapai SKM. Penelitian ini memiliki 4 tahapan.Yaitu:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. yang nantinya pada proses pengambilan data akan digunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, observasi dan tes. Setelah semua data terkumpuldan penelitian dilaksanakan maka data tersebut akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 70% selanjutnya pada siklus II KKM dinaikkan menjadi 75 dengan KKM semula 65% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Selisih peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Sedangkan hasil belajar IPS siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 70%, selanjutnya pada siklus II KKM dinaikkan menjadi 75 dengan KKM semula yaitu 65. pada siklus II meningkat menjadi 90%. Selisih peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Kesimpulan dari peneliatian ini, penggunaan metode demonstrasi melalui CD interaktif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan hasil belajar dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 pada siklus I, dan pada siklus II dengan KKM ≥75. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi guru, guru perlu menyusun lembar kerja siswa dengan langkah-langkah yang dapat membimbing siswa untuk menemukan konsep sendiri dan guru juga perlu memperhatikan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, di sisi lain juga hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204011;
dc.subjectIPS, Teknologi Komunikasi, Metode Demonstrasi, Media CDen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN DUKUHDEMPOK 05 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record